Kumpulan Informasi Bermanfaat & Terbaru

Kamis, 01 Oktober 2020

Sebelum Tertarik dengan Gadai Sertifikat Rumah Bunga Rendah, Lakukan Hal Berikut Ini!

Rumah merupakan salah satu asset berharga yang hampir dimiliki oleh sebagian besar masyarakat. Karena asset yang satu ini merupakan kebutuhan primer manusia sebagai tempat tinggal. Rumah merupakan asset yang bernilai tinggi karena hampir setiap tahun harga jualnya selalu mengalami kenaikan hingga berkali-kali lipat. Terlebih jika berada di lokasi yang strategis. Asset yang satu ini selain bisa digunakan sebagai tempat tinggal maupun investasi, juga bisa digunakan sebagai jaminan agar mendapatkan pinjaman dana dari pihak bank atau lembaga keuangan. Sehingga memungkinkan Anda melakukan gadai sertifikat rumah bunga rendah di bank atau lembaga keuangan tertentu ketika terdesak dengan kebutuhan dana.

 


Biasanya jumlah bantuan pinjaman yang bisa didapatkan dengan menggunakan properti seperti rumah sebagai jaminan bisa mencapai milyaran rupiah. Sehingga menjadikan gadai sertifikat rumah menjadi salah satu alternative bagi sebagian besar orang ketika membutuhkan dana dalam jumlah besar dan waktu yang mendesak. Karena memang nilai asset yang satu ini terbilang cukup besar. Umumnya pihak bank atau lembaga keuangan lainnya akan menawarkan prosentase pinjaman antara 70-80 % dari nilai asset yang dijadikan jaminan. Namun meskipun begitu, Anda juga jangan gegabah meminjam dana dengan nilai sebanyak itu.

 

Jika Anda berencana menggadaikan sertifikat rumah agar bisa memperoleh pinjaman dalam waktu dekat ini, sebaiknya lakukan pertimbangan yang matang terlebih dahulu. Mengingat yang Anda gadaikan bukan asset yang main-main nilainya. Serta fakta bahwa rumah yang digadaikan merupakan tempat tinggal bagi Anda dan keluarga saat ini. Sehingga jangan sampai Anda menjadikannya sebagai jaminan tanpa melakukan perhitungan matang terlebih dahulu. Karena jika Anda sampai salah memilih tempat gadai atau meminjam dana dalam jumlah fantastis, dikhawatirkan mengalami berbagai resiko buruk di kemudian hari, seperti resiko rumah disita, resiko kredit macet, penipuan, dll.

 

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, maka jangan mudah tergiur dulu dengan penawaran pinjaman dengan gadai sertifikat rumah berbunga rendah. Namun pastikan hal berikut terlebih dahulu, yaitu:

 

  1. Lokasi rumah yang mumpuni.

Tidak semua sertifikat rumah bisa digadaikan dengan mudah. Karena rumah yang bersangkutan harus memenuhi kriteria terlebih dahulu, dimana harus berada di lokasi strategis. Sehingga jika rumah Anda berada di daerah rawan banjir, di gang sempit, dekat makam, atau dekat dengan sutet, maka kemungkinan besar gadai sertifikat rumah bisa ditolak.

 

  1. Tempat gadai yang aman dan terpercaya.

Ada banyak sekali bank atau lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dana dengan menggunakan jaminan sertifikat rumah. Demi keamanan dan menghindari resiko buruk di kemudian hari, maka pastikan Anda melakukan gadai sertifikat rumah di bank atau lembaga keuangan terpercaya. Dimana bank tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

 

  1. Cermati persyaratan yang diminta.

Setiap bank atau lembaga keuangan memiliki ketentuan tersendiri mengenai persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa meminjam dana dengan menggadaikan sertifikat rumah. Sehingga Anda perlu memastikan sudah memenuhi persyaratan dan menyiapkan dokumen apa saja yang diperlukan. Sehingga prosesnya nanti bisa berjalan lancar.

 

  1. Ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun berpotensi bisa mendapatkan pinjaman dana yang besar dengan menggadaikan sertifikat rumah, namun sebaiknya Anda meminjam dana sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bayar.

 

  1. Memiliki komitmen untuk melunasi angsuran.

Jangan mudah tergiur dengan penawaran pinjaman dengan gadai sertifikat rumah bunga rendah dan jumlah dana pinjaman besar begitu saja. Karena Anda juga perlu memastikan komitmen untuk melunasinya jika tidak ingin mengalami masalah di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar